Senin, 09 Juli 2012

Makanan Korea yang Menggugah Selera :9


Satu lagi daya tarik negeri gingseng yang pastinya bikin kita jatuh cinta. Yups, makanannya yang beragam dan unik. Sama aja kayak di Indonesia. Korea juga punya banyak makanan khas lho! Sekarang aku bakalan ngasih tau kalian beberapa di antaranya. Kemaren
Alhamdulillah the first nyoba makanan korea di gejayan jogja :D nama restaurantnya itu  Musiro "Fusion Korean Foods" ^_^ dsana aku cuma mencoba beberapa makanan aja, KIMCHI, TUNA AND MUSIRO GIMBAB, TOPOKKI :D taste good :9 yummy, pngen makan disana lagi! DELICIOUS :D nah, makanan yang lain aku post disini yaaa, semoga chingu interest buat nyoba :D

1.Bibimbap





Inilah makanan yang paling sering muncul di drama-drama Korea. Setiap nonton drama Korea, makanan yang satu ini gak bakalan ketinggalan, selalu muncul dan bikin kita ngiler. Apalagi kalo ngeliat ekspresi pemainnya yang lagi makan bibimbap, aduuuhh, bikin kita sirik. Ya, nama makanan itu adalah Bibimbap. Apa sih Bibimbap itu? Bibimbap atau biasa di sebut nasi campur, adalah salah satu makanan khas Korea yang isinya nasi putih, dan sayur-sayuran, yang di campurjadi satu dalam sebuah mangkuk. Nama Bibimbap sendiri berasal dari kataBibim yang artinya campur dan bap yang artinya nasi.


Sayuran atau isi yang biasanya dicampur buat bikin Bibimbap itu adalah timun Jepang yang dipotong kecil-kecil kaya korek api, bayam, lobak, pasta kedelai, jamur, gosari, selada dan juga rumput laut kering/nori. Selain sayuran, bahan campuran bibimbap, ada daging sapi dan telur mentah. Tapi, kalo emang gak ada nasi, bisa diganti sama ayam. Karna namanya nasi campur, makanya semua bahan-bahannya diaduk sampai merata.

Oiya, bibimbap juga pake sambal yang namanya gochujang atau pasta cabai. Nah, sambal ini nih yang bikin warnan bibimbap jadi merah dan rasanya sangat pedas. Bibimbap bisa di simpan di kulkas, soalnya makanan ini bisa dimakan saat panas ataupun dingin. Tapi biasanya bibimbap dihidangkan disebuah mangkuk batu yang udah dipanaskan yang biasa disebut Dolsot Bibimbap (mangkuk panas Bibimbap). Dan panas dari dolsot inilah yang bikin telur mentah yang dicampur jadi matang.


2.Jajangmyun






Semua orang pasti pengen kalo ngeliat Jajangmyun, mie hitam dari Korea. Kenapa disebut mie hitam? Soalnya mie ini sangat unik. Bumbunya terbuat dari kacang kedelai hitam atau di Indonesia lebih dikenal dengan nama tauco hitam. Karna warna mie-nya sangat hitam, banyak masyarakat Korea yang menyebut makanan ini sebagai Mie Kegelapan. Sebenernya, Jajangmyun itu adalah mie khas Beijing yang di adaptasi ke cita rasa Korea. Tapi sekarang kayaknya Jajangmyun lebih terkenal sebagai makanan dari Korea.

Selain bumbu Jajangmyun unik, bentuk mie nya juga berbeda dari bentuk mie biasa. Mie dari Korea ini bentuknya lebih lebar dan warnanya putih. Di dalam Jajangmyu juga ada sayuran dan isi lainnya lho, kayak sawi, kentang, bawang bombay, daun bawang dan juga daging sapi. Pokoknya di jamin enak dan sehat banget deh, mie hitam yang satu ini. Jajangmyun juga bukan mie biasa loh, soalnya mie ini punya tempat sendiridi hati masyarakat Korea. Jajangmyun itu jadi makanan khas setiap Black Day.

Apa itu Balck Day? Kalo kamu pernah baca tabloid Gaul beberapa edisi yang lalu, kamu pasti tau Black Day. Yup, Black Day adalah hari buat para jombloers yang di rayain setiap tanggal 14 April. Jadi setiap tahunnya pas Black Day, semua jomblo baik cewek atoupun cowok, jalan - jalan bareng-bareng dan makan Jajangmyun beramai-ramai. Nama Black Day sendiri itu berasal dari warna Jajangmyun yang sangat hitam serta atmosfer para jomblo yang gelap, hihihihi. . . . . .


3.Ddeokbokki / Topokki






Ddeokbokki atau yang lebih gampang disebut topokki adalah jajanan yang biasanya ada di pinggir jalanan Korea. Topokki bisa disebut snack soalnya bisa dimakan kapan aja dan dimana aja. Kalo emang lagi pengen ngemil atau ngunyah makanan, biasanya masyarakat Korea langsung nyari Topokki. Jadi, udah jelas dong kalo Topokki itu adalah jajanan khas Korea.

Topokki kadang juga disebut sebagai kue beras soalnya makanan ini terbuat dari tepung beras. Bentuknya lonjong dan panjang, kalo dimakan bakalan terasa kenyal saat dikunyah. Jajanan ini juga sering muncul di drama-drama atau acara variety show di Korea kayak di drama BBF atau Full House. Makan Topokki itu biasanya pake saos merah / gochujang yang pedas dan panas. Saat musim dingin, Topokki jadi jajanan nomor satu yang paling di cari.

Tapi ada juga loh Topokki yang dibuat dari ikan, nah kalo yang ini namanya fish cake dan ada juga Topokki yang pake saos asin. Biasanya sih, ini khusus buat orang yang gak doyan pake saos pedas. Sekarang ini, bentuk Topokki bermacam-macam dan ada isinya. Ada yang kecil, bulat sampai yang berbentuk bintang. Kalo buat isinya, ada bermacam-macam, dari isi keju, daging, dan banyak lagi variasi lainnya.


4.Kimbab






Kalo sama nasi gulung yang satu ini pasti udah pasa familiar banget deh. Yup, soalnya banyak yang bilang kalo Kimbab atau Gimbab adalah saudara kembarnya Sushi. Bahkan ada yang bilang kalo Kimbab itu adalah Sushinya Korea. Tapi ternyata Kimbab sama Sushi beda, apalagi buat masalah rasa. Kalo sushi rasanya lebih asam soalnya pake campuran cuka garam, gula dan garam. Kalo buat Kimbab sih cukup pake garam sama merica aja. Rasa kimbab juga lebih bisa diterima kok sama lidah orang Indonesia.

Cara buatnya sih sama kayak buat Sushi, cuma agak sedikit beda buat isi Kimbabnya. Untuk isi Kimbab kebanyakan adalah sayuran kayak wortel, timun, telur dadar, tuna kalengan dan cranstik. Kimbab emang paling asik buat di jadiin bekal piknik sama masyarakat Korea sana. Soalnya cara buatnya gampang dan makan waktu yang gak lama. Bahan-bahannya juga bisa didapetin setiap supermarket.

Kimbab bisa disimpan buat beberapa hari ke depan, tapi jangan di taruh di kulkas soalnya Kimbab nya bisa berubah menjadi keras dan gak enak dimakan. Lebih bagus sih kalo Kimbab langsung dimakan sehari setelah dibuat. Selain itu, waktu makan Kimbab biasanya selalu ditemenin sama sup Odeng.


5.Kimchi






Apa makanan yang paling khas dan terkenal di Korea? Pati semua orang bisa jawab deh. Setiap mau menyantap makanan, pasti lauk yang satu ini gak pernah ketinggalan. Kalo makan gak pake Kimchi tuh rasanya pasti ada yang kurang deh. Mau makan pake sup, pake daging atau apa pun, pasti Kimchi selalu siap sedia di meja makan. Kimchi emang makanan tradisional yang gak ada duanya.

Makanan khas yang satu ini sebenernya dibuat dari sawi putih yang difermentasi dan dikasih bumbu pedas. Cara buatnya juga lumayan mudah. Pertama-tama sawi dicuci sampai bersih, abis itu di kasih garam. Abis itu sawinya di campur sama bumbu yang terbuat dari udang krill, kecap ikan, bawang putih, jahe, dan bubuk cabai merah. Nah, setelah itu disimpen selama, paling cepet dua hari sampai bumbunya meresap.

Di Korea, ada lemari es atau tempat khusus buat menyimpan Kimchi selama masa fermentasi. Sebagian besar masyarakat Korea bikin Kimchi dalam jumlah yang banyak waktu lagi panen sawi putih. Jadi emang dibutuhkan lemari khusus buat menyimpan makanan ini. Jangan pake lemari es biasa buat menyimpan Kimchi saat fermentasi, soalnya bisa merusak fermentasi sawinya. Setelah selesai difermentasi baru Kimchi bisa di makan dan boleh disimpan di kulkas supaya bisa dimakan kapan aja.


Nah teman-teman, menurut mu di antara jenis makanan di atas, mana yang paling kalian ingin coba? dan mana yang paling menggoda selera? hahaha :D



1 komentar:

  1. Wah... kelihatan'a enak banget tuh, cinggu~ Jadi pengen~ :D
    Oya, jalan" ke blogku, ya cinggu! Http:/mydate0408.blogspot.com aku tunggu loh !! ;)

    BalasHapus